PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS CISOLOK KABUPATEN SUKABUMI
DOI:
https://doi.org/10.37949/jdp.v6i2.6Keywords:
Kualitas pelayanan, Kepuasan Pasien, PuskesmasAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya dugaan bahwa tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Cisolok Kabupaten Sukabumi belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan, tingkat kepuasaan pasien, dan pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Cisolok Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sebagai populasi adalah pasien atau keluarga pasien yang berjumlah 2650 orang sedangkan jumlah sampel diambil dengan rumus Slovin sehingga dipeoleh jumlah sampel sebanyak 107 orang. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Cisolok termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata skor sebesar 3,47 atau 69,40%, sedangkan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Cisolok Kabupaten Sukabumi termasuk dalam kategori cukup dengan rata-rata skor sebesar 3,39 atau 67,80%. Model persamaan regresi linear yang didapatkan = 31,545 + 0,551X. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kepuasan pasien disarankan pimpinan Puskesmas Cisolok Kabupaten Sukabumi berupaya meningkatkan kualitasa pelayanan.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hardiyansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik (Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya). Yogyakarta: Gava Media.
Mamik. 2010. Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Surabaya: Prins Media
Masram dan Mu’ah. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Sidoarjo: Zifatama
Nooria, Widoningsih. 2008. Pengaruh Persepsi Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan di RSU Saras Husada Purworejo. Universitas Muhammadiyah: Surakarta.
Nurdin, Ismail dan Hartati, Sri. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendikia
Pasolong, Harbani. 2019. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta
Pohan.I.S. 2012. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: Penerbit EGC
Riduwan, dan Akdon. 2005. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sabarguna. B.S. 2008. Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta: Sagung Seto
Santosa, Pandji. 2008. Administrasi Publik (Teori dan Aplikasi Good Governance). Bandung: Refika Aditama.
Silalahi, Ulber. 2010. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2016. Service, Quality, dan Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.
Dedy, A. dan Alfandi, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Hotel Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Sari Ater Hot Springs Resort Ciater. Jurnal Sains Manajemen, Vol. 4 No. 1 Februari 2022.
Fikri, S., Wiyani, W., dan Suwandaru, A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Strata I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikUniversitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 3 No.1, Januari 2016
Hafizurrachman. 2009. Kepuasan Pasien dan Kunjungan Rumah Sakit. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. 2009;4(1).
Skawanti, J.R., dan Suhendar, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Restoran Raisha Butik Hotel Bogor. Jurnal Industri Pariwisata Vol 5, No. 1, 2022.
Sirojudin, dkk. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kantor Pos Sindanglaya Cipanas. El-Ecosy: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam Vol. 01, No. 01 Januari 2021, hlm. 1-16
Sumarsid Dan Paryanti, A.B. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah M-Progress Vol.12, No. 1, Januari 2022.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ahmad Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.