Jurnal STISIP?

Jurnal Mimbar Administrasi "MANDIRI" sebagai wahana formal bagi sivitas akademika perguruan tinggi dalam berkontribusi menyampaikan gagasan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, diharapkan dapat memicu dan membuka wawasan pembaca maupun penulis untuk meningkatkan karya dan karsa terbaiknya di masa depan. Jurnal ini berorientasi pada terbitan hasil-hasil karya para sivitas akademika perguruan tinggi dalam mengembangkan dan melahirkan pemikiran baru yang dibutuhkan masyarakat

CONTACT INFO
  • Alamat: Komp. Gelanggang Pemuda Cisaat Jl. Raya Cisaat No. 6
  • Telphone: (0266)222867
  • Email: jurnal-stisip@gmail.com

PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KEEFEKTIFAN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SERTIFIKASI PROFESI GURU DI KECAMATAN KEBONPEDES

EDISI 12 TH.XI Januari 2017

Evi Sri Handayati, S.E., M.Si. ; Anas Amarulloh, S.Ag., M.Ag.

ISSN : 1907-0683

Deskripsi / Abstraksi

Pendidikan merupakan investasi jangka panjang dan menjadi kunci untuk masa de-pan yang lebih baik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satu aspek penting untuk memajukan pendidikan itu adalah guru-guru yang profesional. Mengacu pada data kasar kondisi guru saat ini tentulah sangat memprihatinkan dengan buruknya motivasi dan kompetensi guru itu. Maka diperlukan adanya penelitian dengan tujuan: (1) Menganalisis pengaruh motivasi guru terhadap keefektifan implementasi kebijakan sertifikasi profesi guru; (2) Menganalisis kom-petensi guru terhadap keefektifan implementasi kebijakan sertifikasi profesi guru; (3) Menganalisis pengaruh serempak (integratif) motivasi dan kompetensi guru ter-hadap keefektifan implementasi kebijakan serifikasi profesi guru. Unit analisis penelitian ini adalah di wilayah Kecamatan Kebonpedes Kabupaten Sukabumi. Objek penelitian terdiri dari: (1) Variabel bebas Motivasi Guru (X1) dan Kompetensi Guru (X2); (2) Variabel terikat Keefektifan Implementasi kebijakan Sertifikasi Profesi Guru (Y), dengan subjek penelitian adalah guru yang telah lulus sertifikasi. Sampel diambil melalui Probability Sampling dengan teknik Cluster Sampling dan Nonprobability Sampling dengan Purposive Sampling. Sampel didistri-busikan berdasarkan Disproportionate Statified Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah 66 orang (50%) dari 132 orang populasi. Pendekatan yang digunakan kuantitatif dengan metode survey deskriptif assosiatif. Teknik pengum-pulan data melalui kuesioner. Untuk mengukur kesahihan alat ukur dilakukan dengan uji validitas dan reliabili-tas. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teknik analisis karakteristik respond-en, analisis deskriptif variabel, uji normalitas data, analisis korelasi sederhana dan berganda, analisis Product Moment, analisis koefisien determinasi, analisis re-gresi linier sederhana dan berganda, serta uji hipotesis dengan uji T dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa keefektifan imple-mentasi kebijakan sertifikasi profesi guru dipengaruhi oleh variabel motivasi dan kompetensi guru.

Full Text

Jurnal Daftar isi

JUDUL