Jurnal STISIP?

Jurnal Mimbar Administrasi "MANDIRI" sebagai wahana formal bagi sivitas akademika perguruan tinggi dalam berkontribusi menyampaikan gagasan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, diharapkan dapat memicu dan membuka wawasan pembaca maupun penulis untuk meningkatkan karya dan karsa terbaiknya di masa depan. Jurnal ini berorientasi pada terbitan hasil-hasil karya para sivitas akademika perguruan tinggi dalam mengembangkan dan melahirkan pemikiran baru yang dibutuhkan masyarakat

CONTACT INFO
  • Alamat: Komp. Gelanggang Pemuda Cisaat Jl. Raya Cisaat No. 6
  • Telphone: (0266)222867
  • Email: jurnal-stisip@gmail.com

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) UNTUK INISIATIF PEMBANGUNAN DALAM PERSPEKTIF KEBIJAKAN PUBLIK

EDISI 12 TH.IX Januari 2017

H.ASEP HIKMAT, M.Si.

ISSN : 1907-0683

Deskripsi / Abstraksi

Corporate Social Responsibility adalah sebuah kewajiban yang dibebankan pada Perseroan Terbatas melalui Undang-Undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Pasal 74 ayat (1) UU 40 tahun 2007 ini men-jelaskan “Perseroan yang menjalanjan kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam, wajib melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan. Dengan adanya Undang-Undang ini, industry atau korporasi-korporasi wajib untuk melaksanakannya, na-mun kewajiban ini bukan merupakan suatu beban yang memberatkan. Pembangunan suatu negara tidak hanya tanggung jawab pemerintah dan industri saja. Diperlukan kerjasama dengan seluruh masyarakat untuk menciptakan kesejahteraan sosial dan pengelolaan kualitas hidup masyarakat. Perusahaan berperan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang sehat dengan mempertimbangkan faktor lingkungan hidup. Saat ini dunia usaha tidak hanya memperhatikan keuntungan yang didapatkan, namun juga harus memperhitungkan aspek sosial, dan ling-kungan. Ketiga elemen inilah yang kemudian bersinergi membentuk kon-sep pembangunan berkelanjutan. Corporate Social Responsibilities adalah sebuah wujud kepedulian perus-ahaan kepada lingkungan sekitarnya. Corporate Social Responsibility (CSR) adalah komitmen perusahaan atau dunia bisnis untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan tanggung jawab sosial. Pewajiban perusahaan untuk menyelenggarakan Corporate Social Resposibilities tergolong baru, yaitu dengan diun-dangkannya UU No 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Sebenarnya bagaimanakah sejarah CSR terbentuk? Dan bagaimanakah pelaksanaannya di Indonesia? Hal tersebut menarik perhatian penulis untuk menuliskannya dalam makalah berjudul “Corporate Social Responsibility, Sebuah Kepedu-lian Perusahaan terhadap Lingkungan di Sekitarnya”. Diharapkan melalui tulisan ini dapat memperluas wawasan pembaca tentang Corporate Social Responsibilities.

Full Text

Jurnal Daftar isi

JUDUL